-->

1 HP berapa watt ?

1 HP berapa watt - Pada beberapa perlengkapan elektro tertentu mirip pada pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) memilki satuan daya listrik dalam bentuk PK atau HP. Nah, niscaya sebagian besar dari anda bertanya-tanya, 1 PK berapa watt atau 1 HP berapa watt ??? Untuk menjawab pertanyaan anda semua, berikut yakni klarifikasi singkat dan simple yang mau menjawab 1 PK berapa watt atau 1 HP berapa Wat.

1 HP berapa watt

PK berapa watt ?

PK ialah kependekan dari Paar den Karft dari Bahasa Belanda yang artinya yakni daya kuda. Daya kuda bila diterjemahkan dalam bahasa Inggris yakni Horse Power atau HP. Sehingga 1 PK = 1 HP.

1 HP (Horse Power) sama dengan 745,7 Watt atau 0,7457 KW. 1 KW (1000 Watt) sama dengan 1,34 HP.

  • 1 PK =  745,7 Watt
  • 1 HP =  745,7 Watt
  • 1 PK =  1 HP   =  745,7 Watt

Jadi, satuan listrik PK  sama besar dengan HP dan ialah satuan besaran daya listrik yang sanggup dikonversikan menjadi satuan watt.

½ PK berapa Watt ??

1 PK    =   745,7 Watt

½ PK   =   0,5   x 745,7 Watt

            =   372 Watt

Sejarah Satuan PK dan HP

PK  yakni kependekan dari bahasa Belanda yakni  Paar den Kraft, yang mempunyai arti daya kuda. Sementara HP yakni kependekan dari bahasa Inggris yakni Horse Power, yang juga berarti Daya Kuda.

Meski satuan listrik PK dan HP sama-sama mempunyai arti daya kuda, tetapi bergotong-royong keduanya mempunyai perbedaan nilai ketike dikonversikan ke dalam satuan watt.

Bagaimana bisa 1 PK sama dengan 7,45,7 Watt  ?

Awalnya Satuan daya dengan memakai tenaga kuda, daya kuda atau Horse Power (HP) dikemukakan oleh Ilmuwan penemu mesin uap, yakni James Watt. Perkembangan mesin uap menjadi suatu argumentasi untuk membandingkan kesanggupan mesin uap dengan tenaga kuda. Hal ini juga melatar belakangi James Watt dalam menjual mesin uap yang dikembangkannya.

Mesin Uap dengan Tenaga Kuda

Pada awalnya perumpamaan daya kuda dipakai untuk membandingkan tampilan antara mesin uap dengan tenaga kuda. Pada masa itu, masih banyak orang  yang memakai kuda selaku  binatang penggerak, baik untuk kendaraan atau mesin-mesin penggilingan.

Untuk menyakinkan biar penduduk  mendapatkan dan mau berbelanja mesin uap yang diproduksinya, maka James Watt melaksanakan perbandingan dan percobaan untuk sanggup mengenali berapa perbandingan tenaga dari mesin uap dengan tenaga kuda.

Saat itu James Watt menjumlah bahwa seekor kuda bisa memutar suatu mesin penggilingan sebanyak 144 kali dalam satu jam atau 2,4 kali dalam satu menit. Radius roda yang berputar yakni 12 kaki, sehingga seekor kuga bergerak sejauh 2,4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit.

James watt percaya bahwa seekor kuda bisa mempesona dengan gaya 180 pound, dan lalu ditemukan hasil :

1 HP berapa watt ?

Nilainya dibulatkan menjadi 33.000 kaki-pound.menit

1 HP (Tenaga Kuda)   =  33000 Kaki-Pound/Menit  (745,7 Watt)

Daya kuda mekanis (Mechanical Horse Power) yakni suatu nilai yang besarnya setara dengan 550 kali-pound per detik atau 33000 kaki-pound per menit (745,7 Watt)

Dengan demikian, para penduduk  selaku  kandidat pelanggan akan lebih gampang mengkonversi suatu satuan power listrik atau mekanik kedalam satuan yang lebih lazim dalam implementasi dan keadaan lapangan yang erat dengan masyarakat.

Selain itu, mayarakat juga akan mengenali seberapa besar laba yang mau mereka dapatkan, kalau mereka merubah tenaga kuda yang terbiasa dipakai dengan memakai mesin uap.

Setelah itu,  satuan Horse Power diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari mesin diesel, piston,  turbin, motor listrik dan masih banyak lagi.

Dan seiring dengan pertumbuhan zaman, munculah banyak sekali satuan-satuan lain mirip :

PS (Pferde Staerke)   =  Bahasa Jerman

PK (Paar den Karcht)  = Bahasa Belanda

Daya Kuda = Indonesia

Satuan PS dan PK banyak diguankan di banyak sekali negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sementara satuan HP banyak dipakai di negara Amerika dan Inggris Raya. Untuk satuan DK tentu di Indonesia.

Horse Power dari Berbagai Penggunaan

Horse Power (HP), Daya Kuda Mekanik

Daya Kuda Mekanika atau Mechanical Horse Power ialah nilai daya yang besarnya sama dengan 550 kaki/detik atau 33.000 kaki-pound/menit.

33.000 kaki-pound/menit  = 745,7 Watt

Horse Power (HP), Daya Kuda Metrik

Sedangkan dalam satuan metrik, nilai satu daya kuda atau satu Horse Power (HP) sama dengan 75 kgf-m/detik. Artinya Nilai ini setara dengan 735,499 Watt.

Daya Kuda Boiler atau Boiler Horse Power

Satuan daya kuda boiler dipakai untuk mengukur tingkat kesanggupan suatu boiler uap. Nilai satuan daya kuda boiler setara dengan  daya yang diperlukan untuk merubah air menjadi uap sebanyak 34,5 Pound  air  per jam pada temperature  212 derajat Fahrenheit.  Nilainya sama dengan 9809,5 Watt.

Satuan Daya Kuda atau HP untuk Motor Listrik

Satuan daya kuda atau Horse Power (HP) yang sering dipakai untuk menyatakan besaran daya pada suatu elektro motor listrik ialah daya yang diharapkan elektromotor tersebut. Nilai Daya yang tertera pada label ialah daya output, bukan daya input.

Nilai satu daya kuda atau Horse Power pada elektromotor setara dengan 746 Watt. Namun pada elektromotor listrik yang dibuat  di Eropa dengan patokan CER (Continental European) memakai dual rating atau satuan HP (Horse Power).

1 Hp elektromotor patokan Continental European juga memakai nilai daya setara 735 Watt

PS atau Pferder Staerke

PS ialah satuan yang juga mempunyai arti selaku  tenaga kuda, daya kuda atau Horse Power (HP). PS kurang lebih setara dengan 1 metrik Horse Power atau

1 PS  =  1 Metrik HP  =  735,3 Watt

Satuan daya PS sering dipakai untuk memilih daya suatu mobil, kendaraan, mesin diesel dan sebagainya…

Konversi HP dan PK ke dalam satuan Watt

Sebenarnya nilai atau besaran PS/Pk sedikit berlainan dengan HP. Antara lain yakni :

1 PS / PK  =   0,98  HP

1 PS  / PK  =  0,74  KW

1  KW    =  1,36 PS

1   HP   =  1,01  PS

Namun demikian, di Indonesia sendiri nilai HP disamakan dengan nilai PK.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "1 HP berapa watt ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel